Monday 23 April 2018

Kisi-Kisi Soal Ujian Praktik Kelas 6 Bahasa Indonesia


KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Jenis Sekolah
:
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Pedoman
:
Permendiknas No 22 dan 23 Tahun 2007
Alokasi Waktu
:
Menyesuaikan
Jumlah Soal
:
3 Butir
Bentuk Soal
:
1.      Membaca
2.      Mendengarkan
3.      Menulis

No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Nomor soal
Bentuk Soal
1.
Membaca
3.Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat, 75 kata/menit, dan membaca puisi.

3.3 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Puisi Karya Anak
Disajikan sebuah puisi siswa dapat membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat sesuai dengan isi puisi.
1
Praktik
2.
Mendengarkan
1.2 Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya.

Pengumuman
Diperdengarkan sebuah cerita rakyat, siswa dapat menjawab pertanyaan bacaan dengan tepat.
2
Praktik
3.
Menulis
Mengungkapkan fikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis.

Teks Bacaan
Disajikan sebuah bacaan, peserta didik dapat meringkas bacaan (sinopsis) dengan memperhatikan ejaan dan menggunakan bahasa yang santun.
3
Praktik

Mengetahui
Kepala SDN Karaban 03




..................................
Karaban,         April 2018
Penyusun Soal




..................................



PEDOMAN PENILAIAN UJIAN PRAKTIK
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA





No
Aspek Bahasa
Kompetensi yang Diuji
Aspek yang Dinilai

Skor
1.
Membaca
Kemampuan dalam membaca puisi
1.      Ekspresi/mimik
2.      Lafal dan Intonasi
3.       Artikulasi
1-3
1-3
1-3
2.
Mendengarkan
Menjawab pertanyaan jawaban
1.      Ketepatan
2.      Kesesuaian
1-10
1-10
3.
Menulis
Meringkas cerita sesuai teks bacaan
1.      Bentuk tulisan
2.      Kosakata
3.      Kesesuaian EYD
4.      Kerapian
1-4
1-4
1-4
1-4



Nilai Akhir  =
Jumlah Skor Perolehan
X 10
Skor Maksimal


Nilai Akhir Keseluruhan =
I + II+ III
3




Terima Kasih.... Semoga Bermanfaat.... 

No comments:

Post a Comment