Monday, 8 May 2017

Kisi-Kisi UTS IPA Kelas IV Semester 2

KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Mata Pelajaran
:
IPA    
Soal
:
40 butir
Kurikulum
:
KTSP             
Bentuk Soal
:
Plilihan Ganda : 25
Kelas
:
IV ( Empat )   
Isian
:
10       
Uraian
:
5
                                                                         
NO
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR SOAL
BENTUK
TES
BENTUK
SOAL
NO.
SOAL
1
2
3
4
5
6
7
1.

7.1       Menyimpulkan has percobaan bahwa gaya dapat mengubah gerak suatu benda

Gaya dapat mengubah gerak suatu benda

-          Siswa dapat menunjukkan sebab benda yang dekat dengan bumi akan ditarik oleh bumi
-          Siswa dapat menyebutkan cara memperkecil gaya gesek pada poros sepeda yang kering supaya lancar bergerak
-          Siswa dapat mengidentifikasikan cara memperkecil gaya gesek
-          Siswa dapat menyebutkan satuan gaya
-          Disajikan ilustrasi tentang salah satufungsi gaya, siswa dapat menunjukkan fungsi gaya yang dimaksud

Tertulis

PG




PG






PG



PG


PG

1




2






3



4


5

2.
7.2       Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan ) dapat  mengubah bentuk 

Gaya dapat mengubah bentuk benda


-          Siswa dapat menyebutkan gaya gesek yang ditimbulkan jika permukaan benda semakin halus
-          Siswa dapat menyebutkan akibat jika berat benda lebih besar daripada gaya tekan air ke atas
-          Siswa dapat menyebutkan pengaruh suatu gaya jika benda yang di angkat terasa berat
-          Siswa dapt menyebutkan beberapa contoh benda yang tenggelam dalam air

Tertulis



3.
8.1 Mendeskripsikan energi panas    dan bunyi yang terdapat  dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya

Energi panas dan bunyi

-          Siswa dapat menyebutkan benda yang menggambarkan perubahan dari energi listrik ke eneri panas
-          Siswa dapat menyebutkan sumber energi panas yang utama bagi makhluk hidup
-          Siswa dapat menyebutkan benda yang termasuk konduktor
-          Siswa dapat menunjukkan energi yang timbul saat menggosok-gosokkan telapak tangan secara terus menerus
-          Siswa dapat menyebutkan perpindahan panas langsung dari Matahari ke permukaan bumi
-          Siswa dapat menunjukkan bahwa cahaya Matahari dibutuhkan tumbuhan hijau
-          Siswa dapat menyebutkan alat musik yang sumber bunyinya udara
-          Siswa dapat menyebutkan sumber bunyi
-          Siswa dapat menyebutkan zat perantara perambatan gelombang bunyi
-          Siswa dapat menunjukkan botol yang berisi air yang menghasilkan bunyi paling nyaring jika di ketuk dengan sendok logam
-          Siswa dapt menyebutkan bunyi yang frekuensinya tidak beraturan
-          Siswa dapat menyebutkan bunyi yang getarannya di atas 20.000 Hz

Tertulis

PG






PG




PG



PG






PG






PG





PG



PG


PG




PG






PG



PG


4.
8.2        Menjelaskan berbagai energi              alternatif dan cara
             penggunaannya

Energi alternatif

-          Siswa dapat menunjukkan energi yang digunakan perahu layar dapat bergerak
-          Siswa dapat menyebutkan sumber energi alternatif
-          Siswa dapat menunjukkan sifat energi alternatif

Tertulis

PG




PG



PG



5.
8.3        Membuat suatu model/karya             untuk menunjukkan              Perubahan energi gerak akibat
             pengaruh              udara
             misalkan roket/ baling-  baling/ pesawat kertas/ parasut
Karya / Model

-          Siswa dapat menunjukkan pernyataan yang tepat mengenai kecepatan roket mainan yang telah di buat

Tertulis

PG


6.
7.1       Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya dapat mengubah gerak suatu benda

Gaya dapat mengubah gerak suatu benda

-          Siswa dapat menyebutkan tarikan atau dorongan dapat mengubah suatu benda
-          Siswa dapat menyebutkan gaya bila benda yang dilemparkan akan jatuh ke bumi
-          Siswa dapat menyebutkan alat untuk mengukur besar kecilnya gaya
-          Siswa dapat menyebutkan penyebab ikan dapat terapung dan tenggelam dalam air

Tertulis

Isian





Isian




Isian



Isian



7.
7.2       Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya dorongan dan tarikan ) dapat mengubah bentuk  benda

Gaya dapat mengubah bentuk benda

-          Siswa dapat menyebutkan penyebab tiang listrik yang penyok dan berubah bentuk
Tertulis

Isian


8.
8.1 Mendeskripsikan energi panas    dan bunyi yang terdapat
dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya

Energi panas dan bunyi

-          Siswa  dapat menyebutkan energi utama yang di butuhkan makhluk hidup
-          Siswa dapat menyebutkan istilah benda yang tidak dapat menghantarkan panas

Tertulis

Isian




Isian


9.
8.4        Menjelaskan perubahan Energi bunyi melalui penggunaan alat musik

Perubahan energi bunyi

-          Siswa dapat menyebutkan bunyi yang frekuensinya lebih dari 20.000 Hz
-          Siswa dapat menyebutlkan pengaruh kuat lemahnya bunyi
-          Siswa dapat menyebutkan satuan frekuensi

Tertulis

Isian




Isian



Isian


10
7.1       Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya dapat mengubah gerak suatu benda

Gaya dapat mengubah gerak suatu benda

-          Siswa dapat menjelaskan gaya gravitasi

Tertulis

Uraian

11
7.2       Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya ( dorongan dan tarikan ) dapat mengubah bentuk  benda

Gaya dapat mengubah bentuk benda

-          Disajikan ilustrasi tentang salah satu sifat, siswa dapat menjelaskan sifat gaya sesuai dengan ilustrasi yang dimaksud

Tertulis

Uraian


12
8.1 Mendeskripsikan energi panas    dan bunyi yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya


Energi panas dan bunyi




Bentuk Energi

-          Siswa dapat menuliskan contoh bahan peredam bunyi


-          Disajikan 4 macam kegiatan, siswa dapat menjelaskan energi yang diperlukan untuk melakukan kegiatan tersebut

Tertulis

Uraian




Uraian


13
8.2        Menjelaskan berbagai energi              alternatif dan cara
             penggunaannya             nya

Energi alternatif dan penggunaannya

-          Siswa dapat menuliskan manfaat energi alternatif matahari dalam kehidupan sehari-hari
Tertulis

Uraian


No comments:

Post a Comment