KISI-KISI
PENULISAN SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER II
TAHUN
PELAJARAN 2014 / 2015
Mata
Pelajaran
|
:
|
IPA
|
Soal
|
:
|
40
butir
|
Kurikulum
|
:
|
KTSP
|
Bentuk
Soal
|
:
|
Plilihan
Ganda : 25
|
Kelas
|
:
|
IV (
Empat )
|
Isian
|
:
|
10
|
Uraian
|
:
|
5
|
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK
TES
|
BENTUK
SOAL
|
NO.
SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.
|
7.1 Menyimpulkan has
percobaan bahwa gaya dapat mengubah gerak
suatu benda
|
Gaya dapat mengubah gerak suatu benda
|
-
Siswa dapat menunjukkan sebab benda yang
dekat dengan bumi akan ditarik oleh bumi
-
Siswa dapat menyebutkan cara
memperkecil gaya gesek pada poros sepeda yang kering supaya lancar bergerak
-
Siswa dapat mengidentifikasikan cara
memperkecil gaya gesek
-
Siswa dapat menyebutkan satuan gaya
-
Disajikan ilustrasi tentang salah
satufungsi gaya, siswa dapat menunjukkan fungsi gaya yang dimaksud
|
Tertulis
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
1
2
3
4
5
|
2.
|
7.2 Menyimpulkan
hasil percobaan bahwa
gaya (dorongan dan tarikan ) dapat mengubah bentuk
|
Gaya dapat mengubah bentuk benda
|
-
Siswa dapat menyebutkan
gaya gesek yang ditimbulkan jika permukaan benda semakin halus
-
Siswa dapat menyebutkan akibat jika
berat benda lebih besar daripada gaya tekan air ke atas
-
Siswa dapat menyebutkan pengaruh suatu
gaya jika benda yang di angkat terasa berat
-
Siswa dapt menyebutkan beberapa contoh
benda yang tenggelam dalam air
|
Tertulis
|
||
3.
|
8.1 Mendeskripsikan energi
panas dan bunyi
yang terdapat dilingkungan
sekitar serta sifat-sifatnya
|
Energi panas dan bunyi
|
-
Siswa dapat
menyebutkan benda yang menggambarkan perubahan dari energi listrik ke eneri
panas
-
Siswa dapat menyebutkan sumber energi
panas yang utama bagi makhluk hidup
-
Siswa dapat menyebutkan benda yang
termasuk konduktor
-
Siswa dapat menunjukkan energi yang
timbul saat menggosok-gosokkan telapak tangan secara terus menerus
-
Siswa dapat menyebutkan perpindahan
panas langsung dari Matahari ke permukaan bumi
-
Siswa dapat menunjukkan bahwa cahaya
Matahari dibutuhkan tumbuhan hijau
-
Siswa dapat menyebutkan alat musik
yang sumber bunyinya udara
-
Siswa dapat menyebutkan sumber bunyi
-
Siswa dapat menyebutkan zat perantara
perambatan gelombang bunyi
-
Siswa dapat menunjukkan botol yang
berisi air yang menghasilkan bunyi paling nyaring jika di ketuk dengan sendok
logam
-
Siswa dapt menyebutkan bunyi yang
frekuensinya tidak beraturan
-
Siswa dapat menyebutkan bunyi yang
getarannya di atas 20.000 Hz
|
Tertulis
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
|
4.
|
8.2 Menjelaskan berbagai
energi alternatif dan cara
penggunaannya
|
Energi alternatif
|
-
Siswa dapat menunjukkan
energi yang digunakan perahu layar dapat bergerak
-
Siswa dapat menyebutkan sumber energi alternatif
-
Siswa dapat
menunjukkan sifat energi alternatif
|
Tertulis
|
PG
PG
PG
|
|
5.
|
8.3 Membuat suatu model/karya untuk menunjukkan Perubahan energi gerak akibat
pengaruh udara
misalkan roket/ baling- baling/ pesawat kertas/ parasut
|
Karya / Model
|
-
Siswa dapat menunjukkan pernyataan
yang tepat mengenai kecepatan roket mainan yang telah di buat
|
Tertulis
|
PG
|
|
6.
|
7.1 Menyimpulkan
hasil percobaan bahwa gaya dapat mengubah gerak
suatu benda
|
Gaya dapat mengubah gerak suatu benda
|
-
Siswa dapat menyebutkan tarikan atau
dorongan dapat mengubah suatu benda
-
Siswa dapat menyebutkan gaya bila
benda yang dilemparkan akan jatuh ke bumi
-
Siswa dapat menyebutkan alat untuk
mengukur besar kecilnya gaya
-
Siswa dapat menyebutkan penyebab ikan
dapat terapung dan tenggelam dalam air
|
Tertulis
|
Isian
Isian
Isian
Isian
|
|
7.
|
7.2 Menyimpulkan
hasil percobaan bahwa gaya dorongan dan
tarikan ) dapat mengubah bentuk benda
|
Gaya dapat mengubah bentuk benda
|
-
Siswa dapat menyebutkan penyebab tiang
listrik yang penyok dan berubah bentuk
|
Tertulis
|
Isian
|
|
8.
|
8.1 Mendeskripsikan
energi panas dan bunyi
yang terdapat
dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya
|
Energi panas dan bunyi
|
-
Siswa
dapat menyebutkan energi utama yang di butuhkan makhluk hidup
-
Siswa dapat menyebutkan istilah benda
yang tidak dapat menghantarkan panas
|
Tertulis
|
Isian
Isian
|
|
9.
|
8.4 Menjelaskan perubahan Energi bunyi melalui penggunaan alat musik
|
Perubahan energi bunyi
|
-
Siswa dapat menyebutkan bunyi yang frekuensinya
lebih dari 20.000 Hz
-
Siswa dapat menyebutlkan pengaruh kuat
lemahnya bunyi
-
Siswa dapat menyebutkan satuan
frekuensi
|
Tertulis
|
Isian
Isian
Isian
|
|
10
|
7.1 Menyimpulkan
hasil percobaan bahwa gaya dapat mengubah gerak suatu benda
|
Gaya dapat mengubah gerak suatu benda
|
-
Siswa dapat menjelaskan gaya gravitasi
|
Tertulis
|
Uraian
|
|
11
|
7.2 Menyimpulkan
hasil percobaan bahwa gaya ( dorongan dan
tarikan ) dapat mengubah bentuk benda
|
Gaya dapat mengubah bentuk benda
|
-
Disajikan ilustrasi tentang salah satu
sifat, siswa dapat menjelaskan sifat gaya sesuai dengan ilustrasi yang
dimaksud
|
Tertulis
|
Uraian
|
|
12
|
8.1 Mendeskripsikan
energi panas dan bunyi yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya
|
Energi panas dan bunyi
Bentuk Energi
|
-
Siswa dapat menuliskan contoh bahan
peredam bunyi
-
Disajikan 4 macam
kegiatan, siswa dapat menjelaskan energi yang diperlukan untuk melakukan
kegiatan tersebut
|
Tertulis
|
Uraian
Uraian
|
|
13
|
8.2 Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara
penggunaannya nya
|
Energi alternatif dan penggunaannya
|
-
Siswa dapat menuliskan manfaat energi
alternatif matahari dalam kehidupan sehari-hari
|
Tertulis
|
Uraian
|
No comments:
Post a Comment